Penjelasan Mengenai Membran Bakar Waterproofing

 
Membran waterproofing merupakan lapisan bahan yang berfungsi untukmenyetop adanya aliran air. Pada saat waterproofing digunakan dalam dunia konstruksi, seringkali digunakan menjadi beberapa lapisan membran waterproofing. Membran bakar merupakan salah satu jenis waterproofing yang biasanya diaplikasikan pada konstruksi gedung.
 
Membran jenis ini tentunya berbeda dengan membran yang diaplikasikan pada pakaian. Untuk bahan yang ada pada membran bakar yaitu berupa aspal serta bahan kimia jenis lainnya yang dibaur sesuai dengan keperluan. Hal ini bertujuan agar konstruksi tahan terhadap air dan tidak menimbulkan bocor.
 
Mayoritas membran bakar waterproofing dalam dunia konstruksi terletak di area sekitar pondasi serta basement dinding. Secara umum tataran ini digunakan pada dinding beton, sepanjang permukaan luar area terendam maupun diletakkan secara strategis pada sekitar bangunan. Pada saat diletakkan di dalam dinding, sebenarnya pembangunan dari membran waterproofing hampir sama dengan pakaian dalam.
 
Membran bakar terikat dengan bahan jenis lainnya. Membran waterproofing jenis eksterior biasanya berada pada posisi tidak terjepit seperti pada membran jenis interior. Perancangan yang baik akan menjadikan daya tahan penerapan membran bakar semakin tinggi. Beberapa ada yang diposisikan langsung pada luar bangunan dengan tujuan untuk menahan air supaya tidak masuk sama sekali.